Politeknik NSC Surabaya

Kuliah, Kerja, Surabaya, Kerja kuliah, Kuliah Kerja

6.17.2016

Fungsi Perdagangan Internasional

Perdagangan ialah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh dua belah puhak atau lebih yang bertujuan untuk  memenuhi kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk social yang tujuan dasarnya adalah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

Kuliah, Kerja, Surabaya, Kerja kuliah, Kuliah Kerja
  1. Sejarah singkat perdagangan internasional merupakan pertukaran barang dan jasa antara dua atau lebih Negara di pasar dunia.perdagangan internasional tergantung pada factor pendorong yaitu : Keanekaragaman kondisi produksi berpotensi pada produk yang dimiliki suatu Negara. Contohnya Indonesia, memiliki potensi besar dalam memproduksi barang-barang hasil pertanian. Dengan kata lain, melalui perdagangan suatu Negara dapat memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.
  2. Penghematan biaya produksi / Spesialisasi memungkinkan suatu Negara memproduksi barang dalam jumlah besar, sehingga menghasilkan increasing returns to scale atau biaya produksinrata-rata yang semakin menurun ketika jumlah barang yang diproduksi semakin besar.
  3. Perbedaan selera dimana kondisi produksi di semua Negara adalah sama, namun setiap Negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera mereka berbeda. Contohnya, Norwegia mengekspor daging dan Swedia mengekspor ikan.
Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan ada beberapa yaitu :

  • Fungsi pembelian misalnya membeli barang untuk dijual lagi
  • Fungsi penjualan mereka menjual barangnya kepada para pengecer, pemakai industry, dan / atau pembeli lain.
  • Fungsi pembagian berhubungan dengan pembagian barang pada pasar yang dikuasainya baik dalam jumlah, ukuran, warna, kwalitas maupun harganya.
  • Fungsi pengangkutan dilakukan pada barang yang dijual kepada pembeli.
  • Fungsi pembelanjaan dalam hal ini pedagang besar menjalankan dengan menyediakan dana yang memadai.
  • Fungsi penyimpanan yang dilakukan pedagang besar yaitu perlunya menyimpan dan memlihara fasilitas agar seluruh barang yang dibelinya dari produsen dapat langsung terjual
  • Fungsi penanggungan resiko ada 3 yaitu : resiko tidak terbayarnya utang oleh pembeli sebagai hasil penjualan kredit, harga bersaing dan yang berkaitan dengan keadaan pasar.
Fungsi yang lain yang merupakan penunjang perdagangan yaitu :

  • Fungsi promosi : mencari dan mendapatkan perhatian dari calon pembeli,  maksudnya perhatian merupakan titik awal proses pengambilan keputusan didalam membeli sesuatu barang atau jasa.
  • Fungsi pembiayaan bisa dibilang penyerahan nilai ekonomi atas kepercayaan dengan harapan mendapatkan kembali sesuatu yang sama dikemudian hari.
  • Dan fungsi yang terakhir adalah standarisasi dan pengemasan produk bisa menambah nilai jual perdagangan karena menarik perhatian pelanggan baru. Sebetulnya banyak cara untuk menjual dan memperdagangkan produk yang mempunyai kualitas dan harga yang seimbang. Sehingga para pembeli tidak kecewa dan tetap loyal begitupun keuntungan pedagang yang menerapkan standarisasi penjualan dengan baik.
Dalam perdagangan internasional ada teori keunggulan komparatif yang merupakan teori dari David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif  antarnegara. Dengan demikian Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah.

Dari beberapa masalah yang timbul dalam perdagangan begitu banyak aspek-aspek dan permasalahan dalam ekonomi internasional. Antara lain : pola perdagangan, harga ekspor dan impor, manfaat perdagangan, pengaruh makro, mekaanisme neraca pembayaran, politik perdagangan luar negeri, persekutuan perdagangan, modal luar negeri, pengalihan teknologi.

Keuntungan perdagangan dalam ekonomi internasional secara keseluruhan adalah adanya keuntungan perdagangan ( gains from trade ) yaitu, jika suatu negara menjual suatu barang dan jas kepada Negara lain maka manfaatnya hamper pasti diperoleh oleh kedua belah pihak.

Dalam perdagangan internasional mempunyai banyak aturan yang diterapkan :
a.    Motif dari perdagangan internasional
b.    Fungsi perdagangan internasional
c.    Timbulnya perdagangan internasional
d.    Factor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional
e.    Manfaat perdagangan internasional
f.    Macam-macam perdagangan internasional
g.    Teori perdagangan internasional

Sumber: Tugas 1 Intan Merina Putri