Politeknik NSC Surabaya

Kuliah, Kerja, Surabaya, Kerja kuliah, Kuliah Kerja

5.18.2016

Tips jika ingin Melakukan Ekspor

1. Market Research
- Tentukan prioritas Negara tujuan
Langkah ini bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan data Negara tujuan ekspor, seperti data statistik, demografi, atau pesaing-pesaing lain di Negara tersebut

- Lakukan market access requirement
Setelah itu telusuri regulasi-regulasi yang ada di Negara tersebut, sehingga dapat diketahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi untuk masuk ke Negara tersebut. Dari market research ini akan keluar sebuah strategi untuk memasuki Negara tertentu

2. Promosi
Promosi dapat dilakukan melalui:

- Website
Membuat website sebagai catalog virtual yang dapat dilihat oleh calon buyer

- E-mail/Inquiry
Mengirimkan e-mail perkenalan kepada kedutaan-kedutaan, mengirimkan inquiry kepada Ditjen PEN atau media lain seperti penyelenggara seminar ekspor

- Pameran
Memilih pameran yang sesuai dan mempersiapkan materi promosi yang akan disajikan dalam pameran

3. Pemberian Informasi
Informasi yang diberikan kepada buyer harus benar dan sesuai dengan apa yang dijanjikan, misal tentang kapasitas produksi, delivery time, proses produksi atau sertifikasi

4. Persiapkan Produk
Eksportir harus mengenali produknya sebaik mungkin, seperti standar mutunya, karakterisitik produk (apakah produk tersebut tersedia pada musim tertentu saja atau apakah produk tersebut memerlukan perlakuan khusus), kemasan, kapasitas produksi serta pengujian produk tersebut, apakah sudah teruji di pasar local atau pasar ekspor lainnya

5. Buat Penawaran yang menarik
Penawaran ini harus menimbulkan minat beli dari calon buyer, salah satu caranya adalah dengan memberikan penawaran yang representatif beserta keunggulan produknya, disertai dengan contoh gambar atau sertifikat yang dimiliki

Jika calon importir tertarik terhadap penawaran kita maka calon importir akan mengirimkan ordersheet yang dapat juga berfungsi sebagai sales contract.
Sumber: Sukses dalam Ekspor